NOVELCORONA VIRUS (COVID19)



Novel coronavirus (COVID19) merupakan virus jenis baru yang belum pernah ditemukan atau diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Novel coronavirus merupakan keluarga besar dari coronavirus. Coronavirus jenis lainnya antara lain, SARS dan MERS.

Berdasarkan data kejadian, update perkembangan COVID19 per tanggal 14 Maret 2020 di dunia, tercatat sebanyak 81.021 kasus terkonfirmasi untuk wilayah China, 3194 kasus meninggal dunia. Dan untuk diluar negara China sendiri, terdapat 61.518 kasus terkonfirmasi dimana telah merenggut nyawa sebanyak 2199 kasus.

Di Indonesia sendiri, baru saja terkonfirmasi bahwa COVID19 telah masuk ke Indonesia. Dimana sebanyak 69 kasus terkonfirmasi, dan sebanyak 3 kasus meninggal dunia. Hal ini menjadi perhatian besar untuk kita semua, menjadi penyadar akan pentingnya menjaga kebersihan diri. Pasalnya, penyebaran COVID19 sangatlah mudah, virus ini menempel pada benda-benda. Sehingga ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran novelcoronavirus.

  • Cuci tangan anda sesering mungkin. Untuk menghindarkan diri dari penyebaran virus
  • Saat batuk dan bersin, alih-alih menutup mulut dengan tangan, lebih baik gunakan area dalam siku atau menggunakan tissue.
  • Gunakan masker hanya jika anda sedang sakit (batuk atau pilek)
  • Pertahankan jarak aman. Jarak aman ini setidaknya 1 meter (3 kaki) antara anda dan orang lain yang sedang mengalami batuk, pilek, bersin, demam, dll.
  • Hindari menyentuh area mata, hidung, mulut. Untuk menghindarkan diri dari perpindahan virus dari lingkungan ke diri kita.
  • Jika anda mengalami gejala (demam, batuk, pilek, sesak napas, letih lesu) segera cari perawatan medis sejak dini.
  • Hindari konsumsi makanan produk hewani mentah atau setengah matang.


Posting Komentar

0 Komentar