SIAP SIAGA PRABENCANA BANJIR




Kembali pada fakta bahwa bencana dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, tanpa ada peringatan sedikitpun merupakan suatu hal yang perlu menjadi perhatian kita bahwa penting untuk selalu mempersiapkan segalanya sebelum bencana itu datang pada akhirnya.
Kali ini Siaga Ners akan sharing mengenai apa-apa saja yang harus kita persiapkan pada saat prabencana banjir atau sebelum terjadi bencana banjir. Berdasarkan data kejadian bencana Januari 2019, tercatat presentase korban yang menderita dan mengungsi diakibatkan oleh bencana banjir sebanyak 94% dengan jumlah kejadian sebanyak 84 kejadian di Indonesia (BNPB, 2019).
Penyebab bencana banjir itu sendiri bisa disebabkan karena curah hujan yang tinggi dimana hujan turun terus menerus dan mengakibatkan meluapnya air sungai, danau, laut, atau drainase karena jumlah air yang melebihi daya tamping media penopang air dari curah hujan tadi. Selain itu, bencana banjir juga bisa dipicu oleh perilaku membuang sampah sembarangan. Yang mengakibatkan saluran air menjadi tersumbat dan bisa mengarah pada terjadinya bencana banjir.
Adapun tindakan yang bisa dilakukan sebagai bentuk antisipasi kita terhadap bencana banjir adalah sebagai berikut :
1.      Ketahui istilah-istilah peringatan bencana banjir seperti SIAGA I-SIAGA IV, apa maknanya dan apa yang perlu kita lakukan
2.      Ketahui apakah tempat tinggal kita berada di zona rawan banjir atau tidak sebagai bentuk antisipasi dini jika saja tempat tinggal kita sangat berpotensi untuk terkena bencana banjir.
3.      Lakukan persiapan untuk evakuasi, termasuk memahami rute evakuasi
4.      Ketahui bantuan yang bisa diberikan apabila ada anggota keluarga yang terkena bencana banjir
5.      Ketahui kebutuhan-kebutuhan khsusu keluarga apabila banjir terjadi
6.      Buat persiapan untuk hidup mandiri selama sekurang-kurangnya 3 hari, misalnya persiapan tas siaga bencana, penyediaan makanan dan air minum
7.      Ketahui bagaimana cara mematikan listrik, air serta gas
8.      Berkaitan dengan harta dan kepemilikan. Maka kita bsia melakukan pencatatan, dokumentasikan dalam foto dan simpan dokumen tersebut di tempat yang aman
9.      Hindari membangun di tempat rawan banjir kecuali ada upaya penguatan dan peninggian bangunan rumah
10.  Perhatikan instrument listrik yang dapat memicu bahaya saat bersentuhan dengan air
11.  Gunakan air bersih secara efisien
12.  Ketahui cara-cara untuk melindungi rumah kita dari banjir
Sumber :
Yanuarto, T., Pinuji, S., Utomo, A. C., & Satrio, I. T. (2018). Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana (T. Yanuarto, ed.). Jakarta: Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.



Posting Komentar

0 Komentar