INFO KESEHATAN : AYO KELOLA STRESS DENGAN GEMBIRA !!!




Menjaga kesehatan mental atau jiwa sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Namun banyak orang, bahkan pemerintah, belum memberikan perhatian sungguh-sungguh terhadap permasalahan kesehatan mental.
Beban penyakit mental di tanah air terhitung cukup besar. Sekitar 1 juta pasien gangguan jiwa berat dan 19 juta pasien gangguan jiwa ringan tercatat dalam Riskesdas 2014. Meningkatnya jumlah pasien gangguan jiwa di Indonesia, dan nyaris di seluruh dunia, disebabkan pesatnya pertumbuhan hidup manusia, serta beban hidupnya. Di kota metropolitan, masyarakat umumnya rentan terkena sakit jiwa, seperti depresi, alkoholisme, gangguan bipolar, skizofrenia, dan obsesif kompulsif.
Nah, berikut ini ada beberapa cara kelola stres untuk menjaga kesehatan mental kita, yaitu dengan cara:

Gunakan waktu beraktivitas fisik
Pikiran dan tubuh kita sangat berhubungan. Kesehatan fisik berpengaruh terhadap kesehatan mental. Demikian pula sebaliknya. Berolahraga telah terbukti membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan, selain tentunya membantu menjaga kesehatan fisik. Berolahraga di luar ruangan sangat disarankan karena dengan begitu, Anda juga bisa mendapatkan udara segar yang ideal. Berolahraga minimal 30 menit per hari sudah cukup.

Empati terhadap orang lain
Bersikap peduli dan empati terhadap orang lain dapat melatih kita untuk selalu berbuat baik dan melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk orang lain.

Manfaatkan waktu untuk bersantai
Sekarang adalah masanya dunia terasa berputar lebih cepat, tuntutan dari keluarga, lingkungan, maupun pekerjaan lebih banyak, informasi berseliweran lebih banyak dari berbagai media, terutama dari internet. Karenanya, orang juga jadi lebih mudah terkena stress. Ambillah waktu waktu setiap hari hanya untuk bersantai dan melakukan apa pun yang kita sukai. Bisa sekedar mandi air hangat, mendapat perawatan tubuh di salon, dipijat, atau melakukan hobi. Jangan pernah merasa egois ketika melakukan hal ini, terlebih saat tenaga kita sangat dibutuhkan keluarga atau kantor. Kita toh akan menjadi kurang berguna juga kalau stress atau kelelahan.

Berpikir positif
Berpikir positif melatih pikiran Anda untuk berpikir baik dan menguntungkan dalam semua keadaaan. Memiliki kebiasaan untuk berpikir positif bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Butuh latihan dan usaha terus menerus untuk mewujudkannya. Dengan berpikir positif Anda mampu melihat sisi terang kehidupan dalam semua keadaan. Penelitian menunjukkan bahwa berpikir positif memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, kepribadian, kebahagiaan dan hubungan dengan orang lain.

Istirahat yang cukup
Belajar, membaca buku, maupun bekerja bisa dengan mudah membuat Anda lelah. Nah, demi menghindari stres, coba luangkan waktu sejenak untuk menenangkan tubuh dan pikiran sebelum Anda mulai beraktivitas kembali. Saat Anda mengistirahatkan tubuh, misalnya dengan tidur sebentar, secara tidak langsung Anda bisa mencegah penurunan daya ingat Anda. Bahkan, istirahat sebentar di sela-sela pekerjaan bisa memicu pembentukan memori baru di otak.

Rajin beribadah
Kala hati bersedih, kalut, putus asa, kesepian dan marah, tidak jarang hal ini akan membawa kita menjadi pribadi yang lebih sering berdoa. Hal ini akan membawa kita menjadi pribadi yang lebih dekat dengan sang Maha Kuasa. Tapi, berdoa sebenarnya tak hanya dilakukan saat hati sedih dan gelisah saja ladies. Pada kesempatan apapun, kapan pun dan di mana pun, kita senantiasa diwajibkan untuk berdoa dan memanjatkan puji syukur serta harapan kita kepada Yang Maha Kuasa. Berdoa, juga menjadi aktivitas yang bisa membuat kita jadi pribadi yang senantiasa berpikir positif, lebih tenang dan bebas dari berbagai masalah kesehatan fisik juga psikis.

Asah kemampuan dan bakat diri
Setiap orang tentu akan memiliki potensi di dalam dirinya, meski mungkin saja jumlah potensi ini tidak pernah sama antara satu dengan yang lainnya. Berbagai macam potensi diri inilah yang kemudian akan Membantu kita untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berbagai hal, termasuk dalam mengatasi berbagai masalah dan kendala yang kita temui di dalam kehidupan kita. Begitu pentingnya untuk memiliki potensi diri yang maksimal di dalam hidup ini, agar semua bisa berjalan dengan lebih mudah dan menyenangkan bagi diri kita sendiri.

Sumber :
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2016

Posting Komentar

1 Komentar

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)