NEW NORMAL atau Adaptasi Kebiasaan Baru Di masa Pandemi COVID-19

 

Saat ini Indonesia mulai menerapkan adaptasi kebiasaan baru atau new normal. new normal sendiri merupakan istilah adaptasi kebiasaan baru, berupa perubahan budaya hidup agar masyarakat dapat terbiasa dengan tatanan hidup normal baru ditengah pandemic Covid-19.

Tapi banyak diantara kita yang menyalahkan artikan istilah ini, dimana banyak yang beranggapan bahwa new normal menandakan bahwa kita sudah bebas keluar rumah seperti sebelum masa pandemi covid, New normal bukan berarti kita bebas melakukan apapun, bukan berarti kita bebas keluar rumah. Keluar rumah hanya jika mendesak, dan patuhi protocol Kesehatan.

Apa saja hal yang perlu kita lakukan?

1.      Selalu gunakan masker, karena virus ini tidak terlihat, sehingga mungkin saja kita juga termasuk kedalam pembawa virus, namun tanpa gejala atau hanya gejala ringan, sehingga sangat memungkinkan untuk menularkan ke orang lain

2.      Hindari menyentuh wajah, sebab mata hidung mulut, merupakan pintu masuk virus. Maka, saat setelah menyentuh benda, seperti meja, pegangan pintu, tombol lift, dll. segera cuci tangan terlebih dahulu.

3.      Selalu jaga jarak minimal 1 meter dari orang lain. Mengapa? Sebab covid-19 dapat ditularkan melalui droplets (percikan cairan tubuh) yang dapat ditularkan Ketika kita sedang berbicara, batuk, atau bersin.

4.      Sering cuci tangan dengan sabun sebagai bentuk pencegahan dari penyebaran virus. Lakukan selama 20 detik dengan sabun dan air mengalir. Gunakan handsanitizer hanya jika kamu sedang diluar dan tidak ada sumber air.

5.      Selalu ikuti perkembangan informasi. Sebab ditengah masa sulit seperti ini, sangat rentan tersebar informasi-informasi tidak berdasar yang hanya dapat membingungkan masyarakat. Sehingga penting untuk selalu mengikuti perkembangan informasi dari sumber terpercaya

Nah, dalam rangka penerapan new normal, apa saja yang perlu kita siapkan di dalam tas kita?


1.      Masker kain cadangan yang bersih

2.      Hand sanitizer untuk digunakan saat tidak ada air

3.      Tisu basah yang mengandung alcohol dan tisu kering

4.      Vitamin untuk menjaga imunitas tubuh

5.      Alat makan pribadi, dan

6.      Alat ibadah pribadi

Sumber : Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

Posting Komentar

0 Komentar