MANFAAT DONOR DARAH BAGI KESEHATAN



  Donor darah adalah kegiatan mendonorkan atau menyumbangkan darah secara sukarela. Donor darah ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang memerlukan tambahan darah, seperti penderita trauma berat yang kehilangan banyak darah, anemia, talasemia, hemofilia, hingga leukemia.

          Manfaat Donor Darah :
  1. Menjaga Kesehatan Jantung, Donor darah secara rutin dapat membuat jantung berdetak lebih stabil dan teratur. Apabila sirkulasi darah lancar, maka organ tubuh juga akan berfungsi dengan baik. Di samping itu, rutin mendonorkan darah juga dapat menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan kanker. Bahkan, kadar zat besi dalam darah bisa lebih stabil dengan rutin mendonorkan darah.
  2. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah yang baru, donor darah dapat meningkatkan produksi eritrosit (sel darah merah) baru. Sel darah merah baru dapat mengangkut oksigen dengan lebih efektif ke seluruh organ tubuh, sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat.
  3. Deteksi Dini Penyakit, Sebelum melakukan donor darah, setiap pendonor dapat menjalani pemeriksaan kesehatan secara gratis. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan sebagai upaya untuk mendeteksi beberapa penyakit menular serius, seperti malaria, sifilis, hepatitis B dan C, hingga HIV. Namun, jika selama pemeriksaan ditemukan adanya penyakit, maka deteksi dini ini akan membantu penderita mendapatkan penanganan yang tepat sesegera mungkin.

      Hal-Hal yang perlu dipersiapkan sebelum donor darah :

  • Cukupi kebutuhan nutrisi
  • Cukupi kebutuhan cairan 
  • Tidur yang cukup, dan
  • Tidak mengonsumsi alkohol

Sumber: ::: https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/mengenal-prosedur-donor-darah


Posting Komentar

0 Komentar