INFO KESEHATAN : ATASI BENCANA GEMPA DENGAN “MERTUA BENSIN”

[2/11/2018]
.
Bencana alam dapat terjadi setiap saat dan tanpa peringatan sama sekali. Sekali terjadi bencana, bisa dipastikan kita berada dalam keadaan shock atau panic. Kepanikan ini dapat membuat situasi semakin buruk. Banyak tindakan yang seharusnya dilakukan, tidak kita laksanakan karena panik. Kepanikan inilah yang memperburuk situasi.

Untuk mengurangi kesalahan dalam mengambil tindakan, perlu dilakukan langkah-langkah persiapan kesiapsiagaan bencana yang dipelajari dan dilatih dengan baik secara berkala. Anda dan keluarga dapat menjadi tim yang hebat dan solid jika anda mengetahui apa yang harus dilakukan ketika bencana terjadi selanjutnya akan membawa keselamatan diri anda dan keluarga. Dengan mengetahui apa yang harus anda lakukan ketika terjadi bencana, maka besar kemungkinan Anda akan selamat dari bencana tersebut.

Berikut tips ketika terjadi bencana gempa yang disingkat dengan “MERTUA BENSIN”:

  1. Merunduk, lindungi kepala dan bertahan di tempat yang aman. Beranjaklah beberapa langkah menuju tempat aman terdekat. Tetaplah di dalam ruangan sampai guncangan berakhir dan anda yakin telah aman untuk keluar. Menjauhlah dari jendela. 
  2. Tunggu hingga situasi benar-benar aman. Jika anda sedang di tempat tidur, tunggu dan tetaplah disana sampai gempa mereda, lindungi kepala anda dengan bantal. 
  3. Aman lingkungan dan aman diri. Jika Anda berada di luar ruangan, carilah titik aman yang jauh dari kemungkinan rubuhnya bengunan, pohon, dan kabel. Rapatkan badan anda ke tanah. 
  4. Berhentilah secara melambat ketika anda mengendarai mobil. Jika Anda di dalam mobil, melambatlah dan kemudikan mobil ke titik aman, leluarlah dari kendaraan dan lakukanlah evakuasi.
  5. Sistem informasi diaktifkan agar mampu mengirim dan menerima informasi. Jika Anda benar-benar dalam kondisi dan situasi yang aman, segeralah mencari informasi terkait instruksi dan informasi dari pusat bantuan.

Jadi, langkah awal yang perlu dilakukan ketika terjadi gempa bumi adalah jangan panik. Sikap tenang adalah kunci utama agar kita dapat mengontrol diri untuk melakukan langkah selanjutnya. Setelah memastikan Anda tenang, langkah selanjutnya adalah lakukan prinsip MERTUA BERSIN. Dengan prinsip ini, kemungkinan besar Anda akan selamat.

Sumber : Wicaksono, Willy. KOGAMI Project M. 2007. Pedoman Menghadapi Bencana Gempa dan Tsunami. Jakarta: Ikreasi.
.
Stay Tuned:
➡ Instagram : siaga_ners_unhas
➡ Line : @xqs9203i
➡ Facebook : Siaga Ners Unhas
➡ WhatsApp : 085396468368
➡ Blog : SiagaNersUH.blogspot.com
➡ YouTube : Siaga Ners Unhas
.
#demiilmu
#demikemanusiaan
#demirumahkita
#jayalahsiaganers

Posting Komentar

0 Komentar