INFO KESEHATAN: PERTOLONGAN PERTAMA PADA PASIEN LUKA BAKAR


[Senin, 25 Juni 2018]
.
Tragedi kecelakaan bisa saja terjadi dimana saja dan kapan saja, salah satunya kecelakaan yang dapat menimbulkan kebakaran yang memungkinkan adanya korban dengan luka bakar dan membutuhkan pertolongan pertama.Jadi, kali ini kita akan membahas seputar pertolongan pertama pada pasien luka bakar.
.
PERTOLONGAN PERTAMA PADA PASIEN DENGAN LUKA BAKAR
       Berikut langkah-langkah dalam melakukan pertolongan pertama pada pasien dengan luka bakar.

  1. Segera hindari sumber api dan mematikan api pada tubuh, misalnya dengan menyelimuti dan menutup bagian yang terbakar untuk menghentikan pasokan oksigen pada api yang menyala. 
  2. singkirkan baju, perhiasan dan benda-benda lain yang membuat efek torniket, karena jaringanyang terkena luka bakar akan segera menjadi oedem.
  3. setelah sumber panas dihilangkan rendam daerah luka bakar dalam air atau menyiramnya dengan air mengalir selama sekurang-sekurangnya 15 menit. proses koagulasi protein sel dijaringan yang terpajan suhu tinggi berlangsung terus setelah api dipadamkan sehingga destruksi tetap meluas. Proses ini dapat dihentikan dengan mendinginkan daerah yang terbakar dan mempertahankan suhu dingin ini ada jam pertama sehingga kerusakan lebih dangkal dan diperkecil. Akan tetapi cara ini tidak dapat dipakai untuk luka bakar yang lebih luas karena bahaya terjadinya hipotermi. Es tidak seharusnya diberikan langsung pada luka bakar apapun. 
  4. Evaluasi awal, prinsip penanganan pada luka bakar sama seperti penanganan pada luka akibat trauma yag lain, yaitu ABC (Airway, Breathing, Circulation) yang diikuti dengan pendekatan khusus pada komponen spesifik luka bakar pada survey sekunder. Saat menilai 'airway' perhatikan apakah terdapat luka bakar inhalasi. Biasanya ditemukan sputum karbonat, rambut atau bulu hidung yang gosong. Luka bakar pada wajah, oedem oropharyngeal, perubahan status mental. Bila benar terdapat luka bakar inhalasi lakuakn intubasi endotracheal, kemudian beri oksigen melalui mask face atau endotracheal tube. luka bakar biasanya berhubungan dengan luka lain. Meskipun perdarahan dan trauma intrakavitas merupakan prioritas utama dibandingkan luka bakar, perlu dipikirkan untuk meningkatkan jumlah cairan pengganti. Anamnesis secara singkat dan cepat harus dilakukan pertama kali untuk menentukan mekanisme dan waktu terjadinya trauma. Untuk membantu mengevaluasi derajat luka bakar karena trauma akibat air mendidih biasanya hanya mengenai sebagian lapisan kulit (partial thickness), sementara luka bakar karena api biasa mengenai seluruh lapisan kulit (full thickness).
.
Stay tuned:
➡ Instagram : siaga_ners_unhas➡ Line : @xqs9203i➡ Facebook : Siaga Ners Unhas➡ WhatsApp : 085396468368➡ Blog : SiagaNersUH.blogspot.com➡ YouTube : Siaga Ners Unhas.#demiilmu#demikemanusiaan#demirumahkita#jayalahsiaganers

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Nice Infonya...
    Ditunggu update info2 berikutnya min 😊😊😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kak 😊😊😊

      Hapus
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)