National Family Day


[Sabtu, 29 Juni 2018]
Peringatan Hari Keluarga Nasional menjadi sangat penting dan strategis, mengingat peran keluarga sebagai pilar utama dalam pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang makmur dan sejahtera.  Tahun 2018 ini merupakan Hari Keluarga Nasional XXV, yang memiliki semangat untuk meraih Indonesia emas tahun 2045.
Harganas XXV 2018 mengambil tema “Hari Keluarga : Hari Kita Semua”, dengan tagline “Cinta Keluarga Cinta Terencana”. Peringatan hari keluarga dimaksudkan agar maknanya dapat dipahami oleh seluruh keluarga dan benar-benar bisa dinikmati. Hari keluarga juga mengingatkan kembali tentang pentingnya mencintai dalam keluarga dan pentingnya perencanaan dalam membangun keluarga.
Di Indonesia, setiap tanggal 29 Juni diperingati sebagai Hari Keluarga Nasional (Harganas). Harganas diperingati sebagai momentum kristalisasi semangat betapa penting dan berharganya keluarga yang bukan hanya sebatas wadah namun tentunya merupakan salah satu tujuan hidup.
Lalu, kenapa diperingati setiap tanggal 29 Juni? Hal ini tentu tak terlepas dari peran dan fungsi sejarah bangsa ini. Suheiri D Siregar, dalam tulisannya menyebutkan; sejak masa kemerdekaan tahun 1945, meskipun telah memperoleh kemerdekaan, Indonesia masih berjuang keras untuk mempertahankannya. Bahkan hingga memberlakukan wajib militer bagi rakyat usia produktif sehingga banyak orang yang berpisah dengan keluarganya.
Melalui perjuangan yang gigih, pada tanggal 22 Juni 1949 Belanda menyerahkan kedaulatan bangsa Indonesia secara utuh. Seminggu kemudian, tepatnya 29 Juni 1949, para pejuang kembali pada keluarganya. Inilah yang melandasi lahirnya Hari Keluarga Nasional. Pada saat itu, pengetahuan tentang usia nikah amat remndah di samping keinginan kuat untuk mengganti keluarganya yang gugur dalam peperangan, mengakibatkan tingginya angka perkawinan usia dini. tentunya kesiapan yang kurang saat menikah dini sangat berpengaruh terhadap tingginya angka kematian ibu dan bayi pada saat itu. Kemudian dilansir dari Tribunnews menyebutkan bahwa Hari Keluarga Nasional digagas oleh Haryono Suyono. Ia merupakan Ketua Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di era Presiden Soeharto. Kepada Presiden Seoharto, sebelumnya Haryono menyampaikan tiga pokok pikiran: Ia merupakan Ketua Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di era Presiden Soeharto.
Kepada Presiden Seoharto, sebelumnya Haryono menyampaikan tiga pokok pikiran: Pertama, mewarisi semangat kepahlawanan dan perjuangan bangsa. Kedua, tetap menghargai dan perlunya keluarga bagi kesejahteraan bangsa. Ketiga, yakni membangun keluarga menjadi keluarga yang bekerja keras dan mampu berbenah diri menuju keluarga yang sejahtera. Presiden Soeharto menyetujui gagasan tersebut. Maka, lahirlah Hari Keluarga Nasional yang diperingati setiap 29 Juni.
Tahun 1992, Presiden Republik Indonesia yakni Soeharto pada saat itu menetapkan tanggal 29 Juni sebagai Hari Keluarga Nasional. Dan sejak tahun 1993, Harganas diperingati setiap tahunnya di setiap provinsi yang diawali oleh Provinsi Lampung sebagai tuan rumah padasaat itu. Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan kepada seluruh rakyat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Keluarga diharapkan menjadi sumber yang selalu menghidupkan, memelihara, dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi.
Akhirnya, Harganas mendapat legalitas. Pada 15 September 2014 melalui Keputusan Presiden RI Nomor 39 tahun 2014, tanggal 29 Juni ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional dan bukan hari libur yang dipelopori oleh Prof. Dr. Haryono Suyono yang pada era Soeharto merupakan Ketua Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).
.
Sekian sekilas info mengenai sejarah ditetapkannya hari keluarga nasional di indonesia. “Nothing is better than going home to family and eating good food and relaxing.”- Irina Shayk.
.
Happy National Family Day and have a nice day with you family
.
Sumber : national.tempo.co, pedomanbengkulu.com
.
Stay Tuned:
➡ Instagram : siaga_ners_unhas
➡ Line : @xqs9203i
➡ Facebook : Siaga Ners Unhas
➡ WhatsApp : 085396468368
➡ Blog : SiagaNersUH.blogspot.com
➡ YouTube : Siaga Ners Unhas 
.
#nationalfamilyday
#cintakeluargacintaterencana
#harikeluarga=harikitasemua
#siaganersunhas

Posting Komentar

0 Komentar