27 Januari 2018 Hari Kusta Sedunia

(27 Januari 2018)
Hari Kusta Sedunia...
"Kenali dan Cegah Kusta!"


- Kusta yang dikenal sebagai lepra atau penyakit Morbus Hansen adalah penyakit yang menyerang kulit, sistem saraf perifer, selaput lendir pada saluran pernapasan atas, serta mata.
- Kusta disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Leprae yang berkembang biak paling cepat di bagian tubuh yang dingin seperti tangan, wajah, kaki, dan lutut.
- Penyakit kusta bisa ditularkan melalui kontak langsung dengan hewan penyebar bakteri Mycobacterium Leprae, melakukan kontak rutin dengan penderita kusta, berdomisili di kawasan endemis kusta, dan mengalami cacat genetik kelainan tubuh.
- Tanda2 penyakit kusta adalah terdapat bercak putih seperti panu pada beberapa bagian tubuh dan akan semakin bertambah seiring waktu, kelenjar keringat mengalami penurunan fungsi kerja sehingga kulit menjadi tipis dan mengkilat, terdapat bintik2 merah pada kulit, alis rambut mengalami kerontokan, dan wajah mengalami benjolan.
- Cara untuk mencegah dan memutus penularan kusta adalah menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, mengkonsumsi nutrisi seimbang yang didukung dengan olahraga teratur, menghindari kontak langsung dalam jangka waktu yang lama dengan penderita, melakukan vaksinasi BCG pada kontak serumah dengan penderita, dan melakukan penyuluhan terhadap anggota keluarga serta orang2 terdekat tentang mekanisme penularan kusta dan informasi tentang pengobatannya.
- Gejala penyakit kusta antara lain mati rasa, pembesaran pembuluh darah, perubahan bentuk/kelainan pada wajah, hidung tersumbat atau mimisan, muncul luka tapi tidak terasa sakit, kerusakan mata, lemah otot atau kelumpuhan, hilangnya jari jemari.
.
Hari kusta sedunia diperingati pada minggu terakhir bulan januari. Hal ini dijadikan momentum untuk mengingatkan bahwa orang yang pernah mengalami kusta memerlukan perhatian seluruh masyarakat...
.
Jangan berikan stigma negatif pada saudara kita yang membutuhkan uluran tangan kita! Jangan mendiskriminasi saudara kita yang sama dengan kita!
.
#worldleprosyday #stopstigmadandiskriminasi
#siaganersunhas

Posting Komentar

0 Komentar